Fakta Unik Dari Otot Manusia

misteriunikdidunia - Di zaman sekarang, memiliki otot yang terbentuk dengan baik adalah sebuah hal yang banyak orang dambakan. Selain menambah fit tubuh, otot juga menambah daya tarik bagi lawan jenis. Tidak salah jika gym sangatlah laku di zaman sekarang.

Fakta Unik Dari Otot Manusia








Akan tetapi, apakah kamu sendiri mengenali ototmu selayaknya kamu mengenal dirimu sendiri? Apakah kamu tahu apa yang dibutuhkan ototmu agar dapat berkembang? Jika kamu benar-benar ingin tahu, maka bacalah informasi mengenai fakta unik mengenai otot manusia yang perlu kalian ketahui :

1. Otot ada di sebagian besar tubuh kita

Kita memiliki setidaknya 600 otot di seluruh tubuh kita. Jumlah tersebut merupakan setengah hingga sepertiga dari berat tubuh kita. Hebatnya, berkat otot-otot tersebutlah kita mampu bergerak serta menahan tubuh kita dari berbagai goncangan.

2. Ototmu memerlukan perhatian

Layaknya hewan peliharaanmu, ototmu pun perlu diperhatikan melalui aktifitas fisik. Perhatian yang berbeda akan menghasilkan pertumbuhan yang berbeda pula ke ototmu. Mereka mampu menjadi layu jika tidak pernah kamu gunakan untuk kegiatan fisik dan dapat berkembang jika sering kamu gunakan.

3.Ototmu digerakkan oleh otak

Ibarat sebuah mesin, otakmu merupakan sistem yang menggerakkan mesin berupa otot-otot ini. Pertama, otakmu mengirimkan sinyal berupa neuron motorik ke seluruh tubuhmu. Saat mereka menerima pesan yang dikirimkan melalui sinyal tersebut, neuron motorik ini menembakkan pesan-pesan itu ke ototmu untuk berkontraksi dan mengendur, menggerakkan tulang dan membentuk gerakan yang diinginkan oleh otak. Semakin besar tantangannya, semakin besar sinyal yang dikirimkan oleh otak dan semakin banyak unit motorik yang merespon.

4. Dibantu oleh otot-otot yang lain

Namun bagaimana jika kamu menghadapi sebuah objek yang tidak digerakkan oleh sebuah otot? Otak kembali mengirimkan sinyal, namun bukan ke satu otot organ saja, tetapi juga yang lain. Sistem sarafmu akan mengonfirmasi segala sumber daya ototmu untuk mencoba menyelesaikan satu tugas tersebut.

5. Berkembang akibat adanya kerusakan

Dengan melakukan tugas-tugas berat, otot-ototmu pun mengalami kerusakan yang mikro di mana dalam konteks ini adalah hal bagus. Dengan rusaknya sel tersebut, maka akan terdapat molekul yang akan memperbaiki kerusakan sel tersebut bernama cytokines yang melepaskan sistem imuno untuk memperbaiki kerusakan.

Di sinilah saat-saat ototmu terbentuk. Semakin besar kerusakan sel ototmu, semakin hebat pula tubuhmu berusaha memperbaikinya. Siklus rusak dan perbaikan inilah yang membuatmu ototmu semakin besar dan semakin kuat.

6. Diperlukan hypertrophy agar otot dapat lebih berkembang

Hypertrophy adalah sebuah proses munculnya otot baru yang dipengaruhi oleh beban kerja yang lebih berat. Hanya dengan melakukan kegiatan sehari-hari tidak akan mampu menumbuhkan otot baru.

Namun tanpa aktifitas fisik tiap hari yang tidak memberikan beban ke tubuhmu, ototmu akan mengecil di mana proses itu dinamakan atrofi otot. Tekanan ketika ototmu memanjang juga dapat menumbuhkan otot baru di mana proses itu dinamakan eccentric contraction.

7. Diperlukan lebih dari aktifitas

Otot tidak akan berkembang jika kamu hanya melakukan kegiatan fisik saja, seperti olahraga. Tanpa nutrisi yang memadai, hormon serta istirahat, sel-selmu yang rusak akibat aktifitas fisik tersebut tidak akan pernah bisa diperbaiki.

Protein yang masuk ke dalam tubuh menyediakan sumber massa otot dalam bentuk asam amino. Hal itu diproses oleh hormon-hormon yang ada di dalam tubuh, seperti testoteron, memberikan kondisi perbaikan sel. Proses perbaikan sel di dalam tubuhmu akhirnya diproses ketika tubuhmu beristirahat, khususnya saat kita tidur di malam hari.

8. Juga dipengaruhi oleh hal-hal lain

Beberapa hal yang mempengaruhi perkembangan otot adalah seksualitas dan umur. Kamu bisa melihat bagaimana pria-pria muda berumur 20-30 tahun tentunya lebih berotot ketimbang para wanita dan pria yang berumur di atas 50 tahun. Namun, di sisi lain, genetik juga mempengaruhi. Beberapa orang lebih mudah menambah massa otot berkat adanya genetik yang memudahkannya perbaikan serat otot pada tubuh.

Tubuhmu merespon apa yang kamu inginkan. Jika kamu memberi beban kepada ototmu sambil makan makanan yang baik dan beristirahat, dan semua itu dilakukan berulang-ulang, kamu akan menciptakan kondisi di mana ototmu dapat menjadi besar dan kuat.